RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Kimia
Materi Pelajaran
: Larutan elektrolit dan non elektrolit
Kelas/Semester :
X/2
AlokasiWaktu : 20 menit
Standar Kompetensi : Memahami
sifat-sifat larutan non-elektrolit dan
elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat
larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
INDIKATOR
·
Membuktikan sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui
percobaan
·
Mengelompokkan
larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat
hantaran listriknya
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
a.
Aspek
kognitif
Setelah mempelajari
materi ini, diharapkan siswa dapat:
·
Mengidentifikasi
sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui
percobaan
·
Mengelompokkan
larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat
hantaran listriknya
b. Aspek
afektif
Aspek afektif yang
dikembangkan diantaranya:
·
Teliti
·
Jujur
·
Bekerja sama
c.
Aspek psikomotor
Setelah
mempelajari materi ini, diharapkan siswa terampil :
·
Megamati
perubahan yang terjadi pada bola lampu
·
Megamati
perubahan yang terjadi pada elektroda
B.
MATERI PEMBELAJARAN
Larutan terdiri atas beberapa zat. Jumlah
zat yang paling banyak dalam suatu larutan disebut pelarut (solvent),
sedangkan zat yang lainnya disebut zat terlarut (solute). Larutan
elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan
larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus
listrik. Daya hantar listrik merupakan kemampuan larutan untuk menghantarkan
arus listrik.
C. METODE/PENDEKATAN
Metode :
Eksperimen
dan diskusi informasi
Pendekatan :
pendekatan proses dan keterampilan
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Waktu
|
a.
Pendahuluan
Guru menjelaskan judul dan tujuan pembelajaran
·
Motivasi
Guru memimpin diskusi
kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa mengenai larutan elektrolit dan non
elektrolit.
|
3
menit
|
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
·
Guru membagi siswa kedalam dua kelompok.
·
Siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan oleh guru.
·
Guru mengarahkan siswa untuk menentukan perwakilan
dari masing-masing kelompok sebanyak tiga orang, untuk melakukan praktikum.
·
Perwakilan siswa melakukan praktikum dengan teman sekelompoknya.
·
Guru memberikan tugas mengisi LKS
tentang larutan elektrolit dan non elektrolit.
Elaborasi
·
Siswa menjawab pertanyaan LKS
·
Guru menyuruh tiap perwakilan
kelompok untuk melaporkan hasil eksperimen mereka dan mempersentasikannya.
Konfirmasi
·
Siswa dengan bimbingan guru membahas data hasil pengamatan.
·
Guru menjelaskan pengaruh ion-ion pada larutan terhadap daya hantar
listrik.
·
Siswa menyimak penjelasan guru.
|
15
menit
|
c.
Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·
Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan hasil praktikum dan
menugaskan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari selanjutnya.
|
2
menit
|
E.
MEDIA PEMBELAJARAN
·
Alat
dan bahan untuk praktikum
§ Alat
: Alat penguji elektrolit, Gelas
kimia 500 ml, Gelas ukur
§
Bahan : Larutan garam dapur, Larutan asam klorida, Larutan
natrium hidroksida, larutan CH3COOH, larutan
urea.
F.
SUMBER
PEMBELAJARAN
·
Sandri
Justiana dan Muchtaridi. 2009. Kimia untuk SMA kelas X. Yudhistira.
Jakarta
·
Lembar
Kerja
Siswa (LKS)
G.
PENILAIAN
·
Jenis tagihan : Tugas Individu
·
Bentuk instrument : Laporan hasil praktikum,
Performans (kinerja dan sikap)
Bandung, 28 September 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kimia
H.
Akram Nur Muhammad, S.Pd.M.Sc Dian
Mardiyah,
NIP. 199002112014022004 NIM.1209208027
0 komentar:
Posting Komentar